cover
Contact Name
Putu Mega Putra
Contact Email
megabizland@gmail.com
Phone
+6285227679500
Journal Mail Official
info@paris.ipb-intl.ac.id
Editorial Address
Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional Jalan Kecak, No. 12, Gatot Subroto Timur Denpasar - Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 28283325     DOI : https://doi.org/10.22334/paris
Core Subject : Economy, Social,
Paris memuat publikasi ilmiah di bidang pendidikan, pariwisata, bisnis dan kewirausahaan. dengan cakupan bidang sebagai berikut tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pendidikan pariwisata, 2. Pengembangan kepariwisataan, 3. Pariwisata Berkelanjutan, 4. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya lokal, 5. Pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal, 6. Pengembangan Ekonomi, Bisnis digital, Kewirausahaan, Koperasi, Industri Kreatif, dan UMKM, 7. Seni, sastra, dan budaya, serta integrasi nasional dan harmoni sosial dalam bidang pariwisata.
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis" : 19 Documents clear
Penerapan cleanliness, health, safety & environmental sustainability (chse) di sumampan restoran the wakanda resort a pramana experience: Implementation of cleanliness, health, safety & environmental sustainability (chse) at the sumampan restaurant the wakanda resort a pramana experience I Wayan Gde Sastra Wedhana
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.326 KB)

Abstract

Penerapan Cleanliness, Health, Safety & Environmental Sustainability (CHSE) merupakan panduan operasional dari Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Pada masa pandemi ini protokol kesehatan seperti yang dilaksanakan oleh pramusaji di Sumampan Restoran The Wakanda Resort A Pramana Experience yaitu Standar Operasional Prosedur (SOP) berdasarkan protokol Cleanliness, Health, Safety & Environmental Sustainability (CHSE) yang ditetapkan pemerintah, sehingga kedepannya penelitian ini berguna untuk meningkatkan kinerja pramusaji guna kelancaran suatu pelayanan di masa COVID-19. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dari hasil tersebut peneliti dapat mengetahui bagaimana penerapan protokol Kesehatan berdasarkan protokol Cleanliness, Health, Safety & Environmental Sustainability (CHSE) di Sumampan Restoran The Wakanda Resort A Pramana Experience. Hasil penelitian, penerapan Cleanliness, Health, Safety & Environmental Sustainability (CHSE) peneliti menyimpulkan bahwa masih ada beberapa keluhan tamu namun secara keseluruhan penerapan Cleanliness, Health, Safety & Environmental Sustainability (CHSE) yang diterapkan oleh pramusaji di Sumampan Restoran The Wakanda Resort A Pramana Experience sudahditerapkan dengan baik.
Penerapan protokol chse di fairfield by marriott bali kuta pada masa era new normal: Implementation of the chse protocol in fairfield by marriott bali kuta in the new normal era I Gede Fandi Resta
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.844 KB)

Abstract

Protokol CHSE merupakan protokol kesehatan yang berbasis pada cleanliness (kebersihan), Healthy (kesehatan), Safety (keselamatan), Environment Sustainability (kelestarian lingkungan) yang mulai diterapkan sejak diberlakukannya era new normal. Mengingat betapa pentingnya penerapan protokol CHSE tersebut, adapun masalah dan tujuan dari penelitian ini yaitu bagaimana penerapan protokol CHSE di FairField by Marriott Bali Kuta pada masa Era New Normal. Dan mengetahui bagaimana penerapan protokol CHSE di FairField by Marriott Bali Kuta pada masa Era New Normal, dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dan dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan protokol CHSE di FairField by Marriott Bali Kuta pada masa era new normal memiliki aturan yang yang jelas mulai dari area masuk hotel hingga di dalam area hotel.
Analisis service quality di kuwarasan a pramana experience selama pandemi covid-19: Service quality analysis in kuwarasan a pramana experience during the covid-19 pandemic Ni Putu Vera Viona Cantika Putri
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.484 KB)

Abstract

Kuwarasan A Pramana Experience adalah salah satu dari sekian akomodasi perhotelan yang berada di daerahTegallalang yang terdampak akibat adanya pandemi covid-19 namun occupancy di Kuwarasan A Pramana Experience masih cukup ramai dan stabil dibandingkan dengan hotel lainnya di sekitaran Tegallalang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh Kuwarasan A Pramana Experience dengan meneliti lima dimensi kualitas pelayanan yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Kelima indikator tersebut digunakan sebagai standar untuk mengukur service quality sebagai ukuran seberapa besar pengaruhnya terhadap kepuasan tamu. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan kuesioner dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas untuk menguji kuesioner tersebut apakah sudah valid atau tidak dan apakah kuesioner tersebut sudah dikatakan reliable atau tidak. Teknik analisis data menggunakan metode analisis kuantitatif, servqual (service quality). Hasil penelitian menunjukan dari 35 responden, diketahui analisis kualitas pelayanan di Kuwarasan A Pramana Experience dari lima aspek dimensi menunjukan hasil yang positif atau baik, dengan nilai rata-rata Tangible 0,27, Reliability 0,28, Responsiveness 0,25, Assurance 0,24, dan Empathy 0,34 dimana tingkat kesesuaian yang akan menjadikan urutan prioritas peningkatan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan.
Strategi pemasaran wisatawan domestik saat pandemi covid-19 di champlung mas hotel & resort legian bali: Marketing strategies of domestic tourists during the covid-19 pandemic in champlung mas hotel & resort legian bali Ni Kadek Tatik Melayanti
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.467 KB)

Abstract

Sektor pariwisata merupakan salah satu sumber pendapatan terbesar negara, khususnya negara Indonesia. Bali merupakan provinsi yang cukup berperan dalam sektor ekonomi ini, dengan keberagaman kebutuhan yang ada pada industri muncul kemudian beragam jenis usaha yang menunjang prosesnya, salah satunya adalah akomondasi. Champlung Mas Hotel & Resort menjadi salah satu akomondasi dalam bidang penyediaan jasa dan produk bagi wisatawan, namun selama pandemi COVID-19 terjadi penurunan angka wisatawan yang datang. Pemanfaatan teknologi untuk menunjang sektor pariwisata sangat dibutuhkan agar para wisatawan mudah untuk mengakses informasi tempat wisata. Penelitian ini kemudian dibuat dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif melalui prosedur pengumpulan data observasi langsung, dokumentasi dan wawancara sehingga data yang disampaikan lebih akurat. Tujuan penelitian adalah strategi pemasaran yang mampu digunakan Champlung Mas Hotel & Resort dalam menarik tamu domestik selama pandemi COVID-19. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa, selama pandemi COVID-19 peran pemasaran digital menjadi sebuah model pemasaran baru yang positif bagi Champlung Mas Hotel & Resort, sebut saja pemasaran melalui facebook ads, website akomondasi dan sosial media lain mampu memberi banyak walk in guest, Champlung Mas Hotel & Resort juga diketahui telah menerapkan CHSE sebagaimana aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam menjalankan usaha pariwasata ditengah pandemi COVID-19 demi memberi rasa aman dan nyaman bagi tamu yang hadir.
Implementasi penanganan keluhan tamu pada masa pandemi covid-19 di ancak restaurant: Implementation of handling guest complaints during the covid-19 pandemic at ancak restaurant Ni Putu Aryi Krisvita Dewi
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.67 KB)

Abstract

Keluhan tamu merupakan ungkapan atau rasa kecewa atas ketidakpuasannya terhadap suatu hal, dengan adanya implementasi penanganan keluhan tamu seorang pramusaji mampu menangani komplain sesuai dengan jenis keluhan tamu dan mampu meyakini tamu bahwa keluhannya dapat teratasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis keluhan tamu dan implementasi penanganan keluhan tamu pada masa pandemi Covid-19 di Ancak Restaurant. Penelitian ini menggunakan metode observasi mengenai prosedur penanganan keluhan tamu yang terjadi di Ancak Restaurant, wawancara dengan pramusaji dan Food & Beverage Manager terkait jenis keluhan serta prosedur penanganan keluhan tamu, dan metode dokumentasi. Jenis keluhan tamu di Ancak Restaurant berkaitan dengan masalah menu breakfast, pelayanan dan fasilitas di restoran. Adapun implementasi penanganan keluhan dilakukan melalui mendengarkan dengan baik dan seksama semua hal yang tamu keluhkan, menunjukkan rasa empati, meminta maaf, dan mengambil langkah untuk menindak lanjuti penanganan keluhan tamu tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada manajemen restoran untuk mengadakan training berupa roleplay mengenai implementasi penanganan keluhan tamu agar pramusaji tidak merasa gugup dan mengambil tindakan yang sesuai saat menghadapi atau menangani keluhan tamu.
Strategi bertahan pada masa pandemi covid-19 di hotel banyualit spa’n resort: Survival strategies in the time of the covid-19 pandemic at banyualit spa'n resort hotel Putu Milanda Putri Agnisya
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.043 KB)

Abstract

Pandemi Covid-19 melumpuhkan industri kepariwisataan di seluruh dunia, termasuk Bali. Situasi ini memaksa pengusaha mengambil langkah dan strategi untuk bisa bertahan dalam masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pandemi terhadap kegiatan operasional hotel dan strategi yang dilakukan untukbertahan di tengah pandemi oleh Hotel Banyualit Spa’N Resort. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan melakukan dokumentasi, observasi dan wawancara dengan departemen Accounting. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya penurunan okupansi kamar di Hotel Banyualit Spa’N Resort yang menyebabkan berkurangnya pendapatan hotel. Strategi yang dilakukan oleh pihak hotel adalah dengan menekan biaya operasional, efesiensi pengeluaran hotel, melakukan penerapan 3M, kebijakan promosi produk hotel seperti promosi makanan dan minuman, promosi tiket berenang, dan promosi dolphin tour package, dan melakukan general cleaning di hotel. Hotel disarankan untuk membuat promosi yang ditargetkan kepada wisatawan domestik untuk mencoba meningkatkan pendapatan hotel, seperti promosi makanan dan minuman, tiket berenang, dan produk hotel lain untuk dapat bertahan pada masa pandemi.
Olahan manisan kering berbahan dasar cabai lombok: Dry candy processed based on lombok chilli Komang Rifka Agustini
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.248 KB)

Abstract

Manisan merupakan salah satu cara atau teknik pengawetan makanan dengan menggunakan gula sebagai bahan tambahannya sehingga dapat memperpanjang daya simpan. Manisan biasanya dibuat dari buah – buahan segar, penulis tertarik untuk mencoba membuat manisan dengan berbahan dasar cabai lombok. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui apakah cabai lombok dapat di olah menjadi manisan, manisan cabai ini memiliki rasa yang pedas, manis dan sedikit rasa gurih, manisan ini melewati beberapa proses perendaman untuk mempertahankan bentuk dari cabai merah lombok. Penelitian ini menggunakan data deskriptif kualitatif atau pendekatan kualitatif karena ada pengumpulan data menggunakan istrumen kuisioner ada populasi dan sampel, dari 50 panelis yang mencoba manisan cabai 50 panelis mengungkapkan bahwa rasa manisan cabai pedas manis, warna merah, aroma sedap dan dari segi tekstur keras, jadi dapat disimpulkan bahwa manisan cabai kering berbahan dasar cabai lombok layak di konsumsi.
Kualitas abon berbahan dasar bengkuang: Quality of abon made from jicama I Gede Astika Yasa
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.921 KB)

Abstract

Abon merupakan makanan yang diawetkan untuk memperpanjang masa simpan. Abon pada umumnya terbuat dari daging, ikan, maupun bahan pengganti daging seperti pepaya muda, jantung pisang, dan lain – lain. Sehingga penulis tertarik untuk mencoba dan mengetahui kualitas abon dengan memanfaatkan bengkuang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas dan analisis biaya produksi. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan kualititatif. Data kualitiatif penelitian ini diperoleh dari kuisioner tes uji organoleptik dari 2 panelis yang ahli di bidangnya dan 28 orang masyarakat umum / mahasiswa, data yang telah dikumpulkan kemudian diolah, dipresentasikan dan disajikan dalam bentuk tabel. Data kuantitatif penelitian ini diperoleh dari hasil perhitungan biaya pada abon berbahan dasar bengkuang. Hasil dari uji organoleptik abon dengan bahan dasar bengkuang berdasarkan Tekstur mendapati skor sebesar 120 dengan kriteria Renyah, pada segi Warna mendapati skor sebesar122 dengan kriteria Menarik, pada segi Aroma mendapati skor sebesar 119 dengan Sedap, dan pada segi Rasa mendapati skor sebesar 127 dengan kriteria Sangat Enak. Analisis biaya produksi yang didapat dari perhitungan fixed cost dan variable cost diperoleh 27.500 untuk pembuatan 5 bungkus produk abon bengkuang dengan berat 100 gram, dan dijual dengan harga Rp. 8.500/bungkus.
Tortilla chips dengan biji matahari sebagai pengganti jagung: Tortilla chips with sun seed as a corn substitute I Gede Lanang Suryawan
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.866 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas dari tortilla chips berbahan dasar biji bunga matahari, dilihat dari proses pembuatan, kualitas, biaya, dan minat masyarakat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis uji organoleptik yang dinilai dari 30 panelis terpilih. Proses pembuatan mencakup mensangrai, memblender, pencapuran dengan tepung, pencetakan, dan penggorengan. Hasil yang di peroleh dari hasil tes uji organoleptik kepada 30 panelis yaitu, dari segi rasa mendapatkan skor 135 sangat baik, dari segi aroma mendapatkan skor 136 sangat baik, dari segi tekstur mendapatkan skor 135 sangat baik, dari segi warna mendapatkan skor 124 baik. Sedangkan biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi tortilla dengan bahan dasar biji matahari adalah Rp. 42.370 untuk mendapatkan 10 kemasan 100gr, yang berarti setiap 1 kemasan berharga Rp. 4.237, dengan harga jual yang di tentukan yaitu Rp. 8.474 per 1 kemasan 100gr, dengan profit 10%. Dan minat masyarakat terhadap tortilla chips biji matahari yang diujikan berdasarkan aroma, rasa, terkstur, dan warna, kepada 30 panelis terpilih membuktikan bahwa tortilla biji bunga matahari mendapatkan nilai sangat baik, dan dari segi warna mendapatkan nilai baik yang membuktikan tortilla biji bunga matahari dapat diterima di masyarakat karena merupakan sebuah inovasi baru dari pengolahan biji bunga matahari.
Strategi pemasaran pada masa pandemi covid-19 di green kubu restoran tegallalang: Marketing strategies during the covid-19 pandemic in green kubu, tegallalang restaurant I Komang Tedi Gunawan
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (875.491 KB)

Abstract

Green Kubu Restoran terletak di Desa Tegallalang, Ubud, Gianyar. yang masih bertahan di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lingkungan eksternal dan lingkungan internal terhadap strategi pemasaran yang diterapkan oleh Green Kubu Restoran Tegallalang dan mengetahui strategi pemasaran dan alternatif strategi yang tepat dilakukan oleh Green Kubu Restoran Tegallalang di masa pandemi covid-19. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan wawancara, observasi, dokumentasi, dan juga penyebaran kuesioner kepada 4 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah, deskriftif kualitatif, IFAS-EFAS dan analisis SWOT. Hasil penelitian dengan analisis SWOT didapat titik kordinat sumbu X(internal) = 1.39 dan sumbu Y(eksternal) = 0.97 sehingga dari hasil tersebut Green Kubu Restoran Tegallalang berada di kuadran I, yakni mendukung strategi agresif (growth oriented strategy). Adapun strategi alternatif yang dapat diterapkan oleh Green Kubu Restoran Tegallalang adalah dengan memanfaatkan semua kekuatan yang dimiliki seperti memanfaatkan area restoran yang sangat luas dan memanfaatkan meeting room di araea restoran , serta menjaga dan meningkatkan kerja sama dengan travel agent maupun ojek online sebagai sarana pendistribusian, selain itu melakukan Kerjasama dengan foodvloger dan food influencer ternama untuk memasarkan produk yang dimiliki sehingga jangkauan pasar dari Green Kubu Restoran Tegallalang dapat semakin luas terutama dimasa pandemi covid-19 ini.

Page 1 of 2 | Total Record : 19